GEMPAR! WAJAH RAKSASA MUNCUL SAAT GUNUNG KELUD INDONESIA MELETUS

Mulai kemarin malam, baik media masa dan media elektronik tak jauh-jauh dari berita tentang meletusnya Gunung Kelud. Dilansir dari merdeka.com (14/2), Gunung Kelud telah melakukan aktivitas-aktivitas kecil sebelum memulai erupsi semalam. Gunung yang terletak di perbatasan Kabupatern Kediri, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Malang ini seolah 'mempersilahkan' Gunung Sinabung meletus lebih dahulu.


Berbagai fenomena alam terjadi. Mulai dari sambaran-sambaran petir mencekam yang menghiasi langit malam, hujan kerikil sebesar kelereng hingga pasir dan abu pun terjadi deras. Sebelum erupsi terjadi, gumpalan awan hitam memang sudah terlihat menggantung di angkasa. Tentu saja, tak sedikit orang yang mengabadikan momen mencekam ini dari kamera ponsel mereka.

Berbagai foto muncul di jejaring sosial, namun ada satu foto yang cukup menarik perhatian. Di Facebook, sebuah foto wajah yang mirip manusia raksasa terbentuk dari gumpalan abu vulkanik Gunung Kelud.

 Banyak yang percaya akan foto itu, namun tak sedikit pula yang mengatakan foto ini hanya editan semata. Hal seperti ini terjadi bukan untuk pertama kali. Beberapa tahun lalu saat Merapi meletus, juga muncul sebuah foto dengan pemandangan wajah salah satu Punakawan yang tertangkap jelas di sebuah kamera. Saat musibah dunia, gedung WTC yang dihantam pesawat terbang beberapa waktu lalu pun juga sempat merebakkan isu foto wajah di antara ledakan hebat.

Kalau foto itu memang benar adanya tanpa editan, hal ini merupakan suatu hal yang teramat wajar. Fenomena yang melibatkan stimulus samar dan acak membentuk sebuah gambar jelas ini disebut Pareidolia dikutip dari Wikipedia. Dalam hal ini, stimulus samar dan acak ini adalah gumpalan abu vulkanik.

Jadi Ladies, ada kemungkinan besar kalau memang foto itu tidak diedit. Memang yang terjadi dalam foto adalah fenomena Pareidolia.

Sumber: awesomernews

0 Response to "GEMPAR! WAJAH RAKSASA MUNCUL SAAT GUNUNG KELUD INDONESIA MELETUS"

Post a Comment